PT MITRA UTAMA GLOBAL - PENIPU ULUNG - Garut Selatan
Headlines News :
Home » , » PT MITRA UTAMA GLOBAL - PENIPU ULUNG

PT MITRA UTAMA GLOBAL - PENIPU ULUNG

Written By Admin Garut Selatan on Selasa, 13 Agustus 2013 | 19.03

GARUT SELATAN.COM - PT Mitra Utama Global (MUG) atou mereka juga sering mengatakan sebagai Personal Development bidang Air Mineral kemasan bermerek "SABINA" dan Suplier Distributor Air yang sekarang beralamatkan di Jln. Ahmad Yani No.54 - Bandung adalah Penipu Ulung dengan berkedok lowongan kerja. PT Mitra Utama Global menggunakan iklan sebagai sarana utama dalam mencari korban. Mereka menggunakan iklan online gratis dalam menjalankan aksinya, hitung-hitung tidak mengeluarkan kost untuk biaya penipuan mereka.
Sepanjang pengamatan saya, dari tanggal 1 – 13 Agustus 2013, pada tiga situs iklan online penyedia info lowongan kerja terbesar di Indonesia saat ini, yaitu www.tokobagus.comwww.berniaga.com dan www.jobsdb.com, kami mendapati PT Mitra Utama Global, sebagai berikut:
Iklan lowongan kerja yang ada pada www.tokobagus.com, 90% adalah iklan dari PT Mitra Utama Global ini. Bahkan jika di sorot pada bagian HRD/Recruitment, bisa mencapai 99% semuanya adalah iklan lowongan kerja dari PT Mitra Utama Global. Tidak mudah memang mengidentifikasi iklan dari PT Mitra Utama Global ini, karena mereka selalu berganti-ganti nama perusahaan dan banyak pula pemainnya. Nama-nama perusahaan yang saya dapati dalam aksi mereka antara lain PT Utama Indonesia, PT Global Indonesia, PT Mitra Indonesia, PT Global Export Import, PT ITK, PT Usaha Global, dan lain-lain. Bahkan banyak iklan dari mereka tidak mencantumkan nama perusahaan.
Dari segi pemainnya (pemasang iklan), ada beberapa nama yang saya dapati, Ibu Elin, SE, Ibu Mentari, SE, Ibu Novita, SE, Bpk Yudi, SE, Ibu Dian, SE dan lain-lain. Menariknya lagi, mereka selalu menggunakan gelar SE dibelakang nama mereka, saya kira gelar itu adalah palsu belaka. Mereka selalu meminta calon korban untuk SMS ke normor yang di tuju, dan mencantumkan nama yang akan menginterview calon korban (nama orang yang beriklan atas nama HRD, HRD pusat) pada lamaran kerjanya. Targetnya adalah lulusan SMA/K, D3, S1 bahkan ada yang S2.
Bahkan saya melihat, ada persaingan diantara mereka sendiri dalam mencari korban. Ini karena, komisi hanya didapat jika bisa berpromosi dan mendapatkan korban baru. Tidak ada korban, tidak ada komisi. Jadi nama pada surat lamaran kerja wajib di cantumkan. Mereka berebutan membuat iklan di www.tokobagus.com, dikarenakan situs ini juga gratis, mudah, tanpa verifikasi admin dan lain-lain.
Pada situs iklan lowongan kerja di www.berniaga.com, saya juga mendapati iklan dari PT Mitra Utama Global ini, tapi tidak sebanyak yang ada pada www.tokobagus.com. Jika di kuantitaskan, hanya sekitar 5 – 10%. Jenis iklannya sama, yaitu ditempatkan pada iklan lowongan kerja dan jasa. Kontennya juga sama, yaitu berubah-ubah nama perusahaan, bahkan tanpa nama. Yang beriklan pun ada beberapa orang dengan nama yang berbeda-beda. Dan untuk mendaftar juga menggunakan SMS, dan pada surat lamaran kerja dicantumkan orang yang beriklan atas nama HRD atau HRD pusat. Targetnya sama yaitu lulusan SMA/K, D3, S1.
Pada situs iklan penyedia lowongan kerja www.jobsdb.com, saya belum mendapati satu pun iklan yang sama dari PT Mitra Utama Global. Mungkin karena syarat yang di ajukan olehwww.jobsdb.com cukup sulit, dan adminnya juga selektif menayangkan iklan, sehingga pada penipu dari PT Mitra Utama Global agak kesulitan memasang iklan disini. Jadi sampai saat ini, belum satupun iklan PT Mitra Utama Global yang saya dapati di www.jobsdb.com. Ini bukan berarti www.jobsdb.com aman, mungkin karena ketidak lihaian saya melihat iklan dari PT Mitra Utama Global ini.
Demikianlah hasil pengamatan saya terhadap ketiga situs penyedia iklan diatas yang digunakan oleh PT Mitra Utama Global dalam mencari korbannya. Anda harus hati-hati, jangan sampai metode yang digunakan oleh PT Mitra Utama Global akan diubah, namanya saja penipu, punya banyak cara dan otak yang sangat busuk untuk menipu orang.
Sedikit saran bagi para pencari kerja, jika membaca iklan lowongan kerja di internet, agar jangan tertipu:
  1. Perhatikan dulu nama perusahaan yang akan dilamar, kemudian cari di google nama perusahaan tersebut, apakah ada orang yang pernah tertipu atau tidak. Jika tidak mendapati nama perusahaan tersebut, anda harus hati-hati.
  2. Jika tidak ada nama perusahaan yang anda temukan di search engine google, kemungkinan itu adalah perusahaan yang kecil, atau memang perusahaan itu tidak ada. Tapi namanya perusahaan sekarang ini, setidaknya perusahaan itu punya situs sendiri.
  3. Jangan gegabah dalam melamar. Misalnya saja pada PT Mitra Utama Global ini, tidak mensyaratkan apa-apa, bahkan ijazah pun bisa menyusul, anda datang interview, pasti diterima, dan tugas anda selanjutnya adalah menyetorkan uang dengan kedok itu adalah biaya training. Biayanya memang tidak terlalu besar, hanya Rp 650.000,-, tetapi bagi saya itu jumlah yang banyak.
  4. Bisanya lowongan kerja penipuan itu murahan, sering SMS calon korbannya (melebihi keadaan yang normal, bahkan calon pelamar sendiri bisa risih dengan seringnya menerima SMS dari perusahaan tersebut).
  5. Saya melihat, tidak ada differensiasi jabatan antara lulusan SMA/K, D3, S1. Semuanya punya peluang yang sama. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak professional. Ini patut dicurigai, perusahaan tersebut adalah perusahaan abal-abal.
  6. Kalau bisa, adakan investigas awal dulu terhadap perusahaan tersebut sebelum melamar, agar jangan sampai tertipu deh…, Sudah rugi, malu pula…!!!
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEPONSOR

W-SHARE

PASANG IKLAN ANDA DI SINI

BNNKGarut
 

Copyright © 2012. Garut Selatan | Development